Topik Pilihan
Home / HIPNOTIS / 10 Pandangan Salah Tentang Hipnotis

10 Pandangan Salah Tentang Hipnotis

Pandangan Salah Tentang Hipnotis dalam Mitos atau Fakta, ada 10 daftar Mitos atau Fakta yang berhasil  disusun, berikut daftar itu :

1. Mitos : Hipnotis adalah SIHIR dan MISTIK

Hipnotis selalu dihubungkan dengan hal – hal yang gaib atau sihir. Bahkan Film Hollywood juga menciptakan gambaran hipnotis dengan segala hal yang berhubungan dengan dunia roh dan mistik. Salah satunya adalah film “hypnotic eye”. Yang akhirnya membuat masyarakat pada umumnya menjadi takut.

Hingga sekarang masyarakat mempunyai anggapan hipnotis / hipnoterapis dapat melakukan hal apapun sebab mempunyai kekuatan tersembunyi.

Fakta : Hipnotis adalah teknik membawa seseorang menuju trance, trance yang dimaksud adalah kondisi setengah sadar, dan trance adalah hal alami yang terjadi pada pikiran kita. Pada kenyataannya, semua hipnotis adalah self-hipnosis, anda tidak dapat dihipnotis kecuali anda mau dan mengijinkan untuk dihipnotis. TIDAK ADA hal mistik yang terjadi.

2. Mitos : Anda TIDAK BERDAYA di bawah pengaruh hipnotis.

Pemikiran yang salah ini masih berhubungan dengan bahwa hipnotis itu memiliki unsur sihir dan mistik. Pemikiran yang salah ini mungkin juga terpengaruh oleh pertunjukan yang dilakukan oleh seorang stage hypnosis. Stage hypnosis adalah seseorang yang melakukan hipnotis untuk keperluan hiburan. Dan yang perlu diingat adalah yang berada dipanggung adalah orang yang mempunyai keinginan untuk dihipnotis. Hipnotis yang sebenarnya adalah self – hypnosis dan sukarelawan yang berada dipanggung dapat memilih untuk ikut atau tidak.

Fakta : Sangatlah TIDAK BENAR bahwa hipnotis dapat mengontrol anda. Tidak ada seorang hipnoterapis yang dapat memberi perintah kepada anda untuk melakukan apapun yang tidak anda inginkan atau sesuatu yang tidak sesuai dengan karakter pada diri anda.

3. Mitos : Hipnotis BERBAHAYA

Ada banyak orang berasumsi bahwa hipnotis itu bisa membuat seseorang lupa ingatan, berubah kepribadian, dan berperilaku aneh. Hal ini mungkin didasarkan pada tontonan televisi atau film-film yang ada dimana korban hipnotis diperlakukan sebagai orang lemah dan tak berdaya.

Fakta : ini pandangan salah tentang hipnotis. Hipnotis sendiri tidaklah berbahaya. Anda akan benar-benar merasa nyaman saat bekerja sama dengan hypnoterapis yang berpengalaman. Anda selalu berada dalam control diri anda sendiri dan dapat keluar dari trance kapanpun anda mau hanya dengan membuka mata.

Pandangan Salah Tentang Hipnotis : Mitos Atau Fakta.
Pandangan Salah Tentang Hipnotis : Mitos Atau Fakta.

4. Mitos : Hipnotis akan membuat anda berkokok seperti ayam dan TIDAK MEMPUNYAI KENDALI pada diri sendiri.

Sekali lagi ini adalah akibat dari tontonan di televisi atau berbagai film dimana subyek hipnotis diperlakukan sebagai bagian dari lelucon yang ditampilkan.

Fakta : ini pandangan salah tentang hipnotis. Sekarang waktunya untuk menjelaskan perbedaan dari stage hypnosis dan dan hipnoterapi. Stage hypnosis adalah sebuah hiburan dan penuh canda tawa. Hipnoterapi adalah membantu seseorang untuk menyelesaikan permasalahan untuk mencapai tujuan perubahan yang diinginkan.

Yang perlu diingat adalah stage hypnotis secara hati-hati memilih seseorang untuk naik ke panggung. Orang yang terpilih adalah orang yang MAU melakukan hal yang konyol sesuai sugesti yang diberikan.

5. Mitos : Anda harus TETAP TUTUP MATA hingga akhir sesi hipnoterapi berakhir

Fakta : Semua orang boleh bergerak selama sesi hipnosis. Anda mungkin ingin menggaruk tubuh anda, mungkin saja saat itu ada yang gatal dan itu semua boleh dilakukan.

Tidak mengganggu kedalaman kondisi trance. Tidak selamanya kondisi trance yang sangat rileks ditentukan oleh mata yang tertutup.

Atlet olahraga sering mengalami trance saat sedang kompetisi. Seorang atlet mencari hypnoterapi untuk meningkatkan prestasinya dan tidak diminta menutup mata untuk rileks. Hipnotis membantu para atlet dengan trance yang penuh dengan kesadaran. Trance semacam ini dilakukan dengan cara memanggil kembali penampilan terbaik atlet pada waktu sebelumnya dan kemudian atlet bergerak. Prosedur yang menggunakan relaksasi pada olahraga tidak dapat dipakai.

Contoh lain, anak kecil yang melakukan sesi Hipnoterapi, dapat masuk ke kondisi trance dengan mata terbuka dan dapat bergerak kemana-mana.

6. Mitos : Hipnotis adalah TERAPI

Fakta : Hipnotis bukanlah terapi. Hipnotis hanyalah alat buat pelengkap untuk berbagai macam tipe terapi dan konseling.

Hypnoterapi adalah teknik terapi dengan hipnotis. Hypnoterapi dapat dikombinasikan untuk bekerja lebih optimal pada pendekatan konseling-bahkan juga pendekatan yang tidak selaras dengan hypnoterapi seperti pendekatan terapi behavioral, yang mana tidak mengenal konsep pikiran bawah sadar dan begitu juga dengan pendekatan psychodynamic.

7. Mitos : Anda mungkin TIDAK DAPAT BANGUN dari trance

Fakta : ini pandangan salah tentang hipnotis. Anda selalu bangun dari tidur anda sepanjang malam bahkan saat jam alarm anda tidak berbunyi. Hal itu juga sama dengan saat anda bangun dari trance. Perlu diingat trance tidak sama seperti koma dan tidur. Trance adalah kondisi alami, anda dapat masuk ke kondisi tersebut berkali-kali dalam sehari saat sedang mimpi, olahraga, atau focus yang terus menerus pada problem permasalahan. Anda kembali kekondisi normal atau kondisi bukan trance setelah melewati kondisi trance. Jadi, dapat dikatakan bahwa anda, saya dan semua orang beberapa kali keluar dari kondisi trance setiap harinya.

Harus akui bahwa ada sedikit ketidakcocokan dalam isitlah penggunaan “bangun” pada kondisi trance. Bagaimanapun istilah tersebut telah digunakan dalam dunia hipnoterapi, meski hipnotis tidak sama dengan tidur.

Anda juga dapat keluar dari kondisi trance saat sesi hipnotis, kapan pun anda mau. Hipnoterapis yang berpengalaman akan mengawasi dan mengantarkan anda secara hati-hati kekondisi trance.

8. Mitos : Anda TERTIDUR selama sesi Hipnotis

Fakta : ini pandangan salah tentang hipnotis. Jangan kuatir, hipnoterapis tidak akan membiarkan anda tertidur. Jika Anda tertidur maka kerja si hypnoterapis jadi sia-sia. Anda akan tetap waspada terhadap apa yang terjadi disekitar meski dalam keadaan trance dan bahkan Anda akan tetap mendengar suara diluar dan di dalam ruangan-hal itu malah akan membuat Anda merasa nyaman dan membiarkan diri anda masuk kedalam kondisi hipnotis.

Anda mungkin akan terkejut, bahwa Anda dapat mengingat segala sesuatunya dengan jelas selama sesi Hipnotis.

9. Mitos : TIDAK SEMUA orang dapat dihipnotis walaupun mereka menginginkannya.

Fakta : Semua orang dapat dihipnotis, Kecuali orang yang tidak ingin dihipnotis. Kadang ketakutan dan pemahaman yang salah tentang hipnotis dapat menciptakan adanya hambatan secara tidak sadar.

Oleh karena itu hipnoterapis yang berpengalaman akan membutuhkan banyak waktu saat pertemuan pertama dengan klien, menjawab semua pertanyaan dan mendapatkan kepercayaan dari klien, sebelum melakukan sesi Hipnotis.

10. Mitos : Anda TIDAK membutuhkan hypnotis, anda dapat menghipnotis diri anda sendiri.

Fakta : ini pandangan salah tentang hipnotis. Anda membutuhkan hipnoterapis sebelum melakukan hipnotis pada diri sendiri.

Secara praktek tidaklah mungkin bekerja sendiri dalam mengatasi permasalahan pikiran bahwa sadar. Bahkan hypnoterapi yang berpengalaman masih mencari bantuan dari orang lain dalam menghadapi permasalahan psikologinya sendiri.

Meskipun demikian, sekali anda mempunyai pengalaman hipnotis bersama hipnoterapis, anda dapat mengetahui secara tepat, kapan menggunakan dan tidak menggunakan hipnotis pada diri sendiri.

About de queenzy

Magician, Hypnotist, Youtubers & Internet Marketer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *