Topik Pilihan
Home / NLP / Apa itu NLP? Pengertian dan Sejarah

Apa itu NLP? Pengertian dan Sejarah

Apa itu NLP? dalam Pengertian

Apa itu NLP? NLP adalah singkatan dari Neuro-Linguistic Programming, berasal dari 3 kata yang digabungkan:
N -> Neurology = ilmu tentang pikiran.
L -> Linguistics = tentang bahasa dan tata bahasa.
P -> Programming = Penyusunan hal tertentu untuk suatu tujuan.

Banyak sekali pengertian dari NLP, dua pengembang NLP juga mengartikan secara berbeda, Richard Bandler mengartikan NLP adalah sebuah sikap dan metodologi yang meninggalkan jejak berbagai teknik. Sedangkan John Grinder mengartikan NLP adalah strategi mempercepat proses belajar mendeteksi dan memanfaatkan berbagai pola yang ada di dunia.

Beberapa pengertian lain tentang NLP adalah :
NLP yaitu ilmu yang mempelajari pengaruh bahasa terhadap pikiran dan tindakan kita.
NLP yaitu pelajaran sistematis dari komunikasi antar manusia.
NLP yaitu metode untuk memodelkan keunggulan sehingga itu bisa ditiru.
NLP yaitu ilmu yang mempelajari struktur dari pengalaman subjektif.

Apa itu NLP? : Founder bandler & grinder
Apa itu NLP? : Dua Pendiri NLP Richard Bandler & John Grinder

 

Apa itu NLP? dalam Sejarah

NLP mulai dikembangkan oleh dua ahli dibidangnya, yaitu Dr. Richard Bandler seorang ahli Mathematika dan Computer Programming, dan John Grinder, PhD seorang Assosiate Profesor Linguistik, disebuah universitas California di Santa Cruz sekitar tahun 1972. Dua ahli ini dengan ketertarikan yang sama akhirnya mereka sepakat untuk melakukan penelitian ke seorang terapis keluarga (family therapist ) yaitu Virginia Satir, dengan kemampuan memodel (meniru) yang dimiliki oleh Richard Bandler, mulailah mereka mempelajari keahlian Satir dalam melakukan terapi yang luar biasa, banyak menyembuhkan pasien-pasiennya hanya dengan berbicara.

Tak hanya itu Bandler dan Grinder juga mengamati seorang psikoterapis inovatif Fritz Perls, yang berasal dari kelompok psikologi Gestalt. Dari pengamatan kedua terapis tadi Bandler dan Grinder menemukan secara jelas bahwa Perls dan Satir menggunakan pola linguistik yang sama. Bandler dan Grinder menulis temuan mereka itu dalam buku The Structure of Magic, vol. 1, tahun 1975.

Adalah seorang tokoh besar dalam dunia antropology, yakni Gregory Bateson, yang juga kagum pada Bandler dan Grinder, yang kemudian memperkenalkan dengan Milton Erickson, seorang ahli hipnosis yang luar biasa. Dari Milton Erickson banyak sekali ilmu yang didapat dari enelitian, pengamatan dan juga hasil diskusi dengan Erickson, hingga kemudian lahirnya buku Pattern of Hypnotic Technique Vol 1 & 2, tahun 1975 dan 1976.

Kemudian Bandler dan Grinder dari apa yang telah pelajari dari ketiga Ahli terapi tadi menawarkan pelatihan terapis, adalah David Gordon, Judith DeLozier, Robert Dilts, dan Steve Gilligan sebagai murid pertamanya.

Setelah berhasil mengembangkan seperangkat teknik psikologi yang jenius ini, yang kemudian kenal dengan nama NLP atau Neuro-Linguistic Programming. Oleh keduanya, NLP juga dikembangluaskan untuk memodel berbagai keunggulan manusia; antara lain untuk memodel keunggulan dari orang yang berprestasi unggul di bidang komunikator, olahraga / atlit, leadership, sales, pengajar, bisnisman, karyawan, penyanyi, meditasi, dan berbagai orang sukses lainnya.

Seriring perkembangan, para murid dari Bandler dan Grinder juga mengembangkan berbagai teknik psikologinya masing-masing menurut pemahaman dan penelitian mereka selanjutnya. Bandler dan Grinder kini juga mengembangkan teknik mereka, Bandler mengembangkan Design Human Enginerring(DHE), Neuro-Hypnotic Repaterning, sedangkan Grinder mengembangkan New Code.

Dan dimasa sekarang karena telah banyak yang terbantu dengan teknik-teknik NLP.

Sekarang jadi tahu kan, apa itu NLP?

About de queenzy

Magician, Hypnotist, Youtubers & Internet Marketer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *