Home / HIPNOTIS / Belajar Hipnotis : hipnoTIS vs hipnoSIS

Belajar Hipnotis : hipnoTIS vs hipnoSIS

Belajar Hipnotis kali ini membahas “hipnoTIS vs hipnoSIS “… oh ya sebelum kita bahas lebih lanjut, ada pepatah mengatakan “Tak kenal, Maka Tak Sayang”. Banyak orang diluar sana yang tak mengenal hipnotis, dengan keyakinannya saja mereka sudah mem-vonis bahwa hypnosis sesat, ilmu hitam dan sebagainya. Hal tersebut wajar karena mereka belum mengenal hipnotis lebih dekat, andai mereka tahu bahwa hypnosis itu “baik hati” dan “tidak sombong”, saya yakin vonis itu akan hilang dengan sendirinya, atau mungkin malah “jatuh cinta”, sama dengan saya saat pertama tahu Hipnotis, saya skeptis sekali, setelah mengenal Hipnotis, ternyata hipnotis jauh berbeda dengan dugaan saya. Dan hipnotis benar-benar membuat hatiku pun “rontok” hehehe….

Dan Artikel ini adalah pengantar untuk Belajar Hipnotis. Agar Anda leboh dekat dengan Hipnotis. Oleh karenanya saya ucakan “Selamat Datang di Dunia Hipnotis! dan semoga Anda jatuh Cinta dengan Hipnotis” uyeah…

Mengenal Hipnotis

Di Indonesia sedikit agak rancu, antara hipnoTIS dan hipnoSIS. mana yang benar? … jadi begini, dalam bahasa Inggris untuk istilah praktisi maka akan menambahkan akhiran tertentu, misal ahli PIANO disebut PIANIS, ahli TEKNIK disebut TEKNISI dan sebagainya. NAh dalam hal ini bahwa hipnoSIS adalah nama ilmunya, sedang Ahli hipnoSIS disebut hipnoTIS. Jika dalam bahasa Aslinya ilmunya itu HypnoSIS dan ahlinya disebut HypnoTIST (ada tambahan lagi huruf T dibelakang). em… saya harap sampai disini paham ya?

Dan karena sudah saking rancu-nya orang Indonesia lebih mengenal ilmu ini dengan sebutan hipnoTIS, maka karena itu istilah yang sudah membumi, maka saya pun ikut menggunakan istilah hipnoTIS.

Oke… semoga persepsi kita sudah sama… kita lanjut belajar hipnotis nya…

Mungkin sebagian dari kita, saat mendengar “hipnotis” maka yang langsung terlintas adalah penguasaan pikiran, kejahatan, pemaksaan kehendak, mistik, dsb. Memang sih tidak sepenuhnya bisa disalahkan, karena banyaknya pemberitaan oleh media massa yang menyebutkan “Kejahatan Hipnotis”, serta kentalnya kultur kita dengan dunia mistik.

Jadi sebenarnya tidaklah demikian, Hipnotis sesungguhnya merupakan fenomena biasa, yang sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Perlu diketahui, bahwa di Negara Barat, dalam hal ini USA dan UK, hipnotis berkembang menjadi suatu bagian dari ilmu pengetahuan yang dianggap ilmiah. Bahkan di beberapa Universitas di USA, orang belajar hipnotis dapat dipelajari sampai tingkat Doktoral. Jadi hipnotis itu ilmu yang ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan.

belajar hipnotis Hypnos Dewa Tidur
Belajar Hipnotis : Patung Hypnos, Sang Dewa Tidur. foto dari boingboing.net

Definisi Hipnotis

Hipnotis berasal dari kata “hypnos” yang dalam mitologi Yunani ini adalah nama dari Dewa Tidur. Istilah ini diperkenalkan oleh James Braid (1795 – 1860), seorang dokter di Inggris. Hipnotis hanya sebuah istilah yang digunakan, tetapi sebenarnya kondisi Hipnotis tidak sama dengan tidur. Orang tidur tidak menyadari dan tidak bisa mendengar suara-suara disekitarnya. Sedangkan orang dalam kondisi Hipnotis, meskipun seperti tidur, namun ia masih bisa mendengar dengan jelas dan merespon informasi yang diterimanya.

Definisi hypnosis menurut U.S. Department of Education, Human Services Division, dikatakan bahwa; “Hypnosis is the by- pass of the critical factor of the conscious mind followed by the establishment of acceptable selective thinking”, terjemahan bebasnya “Hipnotis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar diikuti dengan diterimanya suatu pemikiran atau sugesti”.

Saya sendiri menyederhanakan pengertiannya, Hipnotis adalah :
– Proses diterimanya ide atau pesan tanpa menganalisa.
– Kondisi pikiran fokus, sehingga tingkat sugestibilitas menjadi tinggi
– Kondisi pikiran tenang dan damai
– Melemahnya fungsi logika / sadar.

Konsep Dasar dari Hipnotis adalah suatu proses untuk merubah kondisi Normal ke suatu kondisi dimana manusia cenderung lebih sugestif, sehingga dapat menerima saran-saran yang dapat berubah menjadi nilai baru.

Dengan memahami pengertian dan konsep dasar Hipnotis dalam Belajar Hipnotis, diharapkan Anda lebih bisa mengambil kesimpulan sederhana tentang Hipnotis.

Jadi, Apa definisi Hipnotis menurut Anda ?

 

(diolah dari berbagai sumber)

About de queenzy

Magician, Hypnotist, Youtubers & Internet Marketer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *