Home / HIPNOTIS / Cara Kerja Hipnotis : Tentang Otak Manusia

Cara Kerja Hipnotis : Tentang Otak Manusia

Cara Kerja Hipnotis, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang cara kerja nya, baiknya kita sedikit flash back… Saat melihat Hipnotis di televisi, tentu kita akan banyak mendengar istilah “Relaks” atau “Relaksasi”. Atau saat Anda melihat pertunjukan Hipnotis seperti performnya Romy Rafael, ternyata banyak menggunakan kata “tidur.. semakin dalam… semakin lelap..”. “tiap hitungan membuat anda semakin jauh masuk ke dalam zona relaksasi… yang nyaman…” atau kalimat lain yang sejenis itu. yang mungkin jadi pertanyaan… Kenapa harus tidur ?? kenapa harus relaks ??

Karena seperti yang dijelaskan di artikel Belajar Hipnotis : hipnoSIS vs hipnoTIS, bahwa Hipnotis adalah ilmu sains yang bisa dipertanggungjawabkan, maka di artikel Cara Kerja Hipnotis, maka perlu kita bahas tentang sisi sains dari Otak Manusia.

Tentang Otak Manusia.

Otak manusia ternyata dalam aktifitas sehari-hari Otak Manusia menghasilkan gelombang listrik yang berfluktuasi (naik dan turun). Gelombang listrik inilah disebut brainwave atau gelombang otak. Dan Gelombang otak memiliki frekuensi yang berbeda setiap waktunya, perbedaan frekuensi ini berhubungan dengan aktivitas fisik seseorang, jadi setiap tindakan menghasilkan gelombang otak tertentu.

Dan gelombang otak manusia dapat diukur dengan sebuah alat khusus, yang diberi nama Electro Encephalograph (EEG). EEG pertama kali ditemukan oleh psikiater Jerman, Hans Berger, pada tahun 1929. Dan Alat ini masih digunakan dalam riset terkait aktivitas otak oleh para peneliti hingga sekarang.

cara kerja hipnotis gelombang otak
Cara Kerja Otak : Gambar Ilustrasi Gelombang Otak Manusia. foto dari meditation-online.com

Cara kerja hipnotis berhubungan juga dengan kondisi gelombang otak ini, dan pada prinsipnya gelombang otak dibagi menjadi :

1. Beta (15 – 30 siklus per detik)

Level Beta adalah level kesadaran penuh, kondisi normal saat menjalankan kegiatan sehari-hari. Kegiatan yang membutuhkan konsentrasi, melakukan analisa, dan pemikiran.

2. Alpha (9 – 14 siklus per detik)

Level alpha dikenal sebagai jembatan antara pikiran sadar dan bawah sadar. Kondisi ini disebut sebagai kondisi relaks. Dalam kondisi ini, otak memproduksi hormon serotonin dan endorfin yang menyebabkan seseorang merasa nyaman, tenang, bahagia. Hormon ini akan meningkatkan imunitas tubuh, pembuluh darah terbuka lebar, detak jantung stabil, kapasitas indera meningkat dan intuisi semakin kuat.

3. Tetha (4 – 8 siklus per detik)

Menunjukan seseorang sedang dalam kondisi mimpi. jika dalam posisi terjaga kondisi ini mirip sekali dengan tidur. Dalam kondisi ini pikiran menjadi sangat kreatif dan inspiratif, dimana pikiran sangat hening, dan indera keenam muncul, dan intuisi semakin muncul dipermukaan.

4. Delta (1 – 3 siklus per detik)

Kondisi ini gelombang otak paling lambat. Kondisi ini digambarkan dengan lepasnya kesadaran atau tidur tanpa mimpi.

.

Dari pemetaan dari alat EEG tersebut akhirnya diketahui, bahwa seseorang dalam kondisi hipnotis itu gelombang otaknya dikisaran Alpha dan Tetha. Dan rangkaian kata “Relaks”, “tidur.. semakin dalam… semakin lelap..” yang selalu diucapkan seorang hipnotis itu dilakukan untuk menggiring seseorang masuk ke Kondisi Alpha dan Tetha atau kondisi Hipnotis. Demikian rangkaian cara kerja hipnotis dari sudut pandang otak manusia, dan karena di kondisi otak alpha dan tetha itulah seorang hipnotis bisa berkomunikasi dengan Pikiran Bawah Sadar (PBS) Subjek.

Pertanyaannya kemudian “apakah gelombang otak Alpha dan tetha, hanya terjadi ketika seseorang di Hipnotis ??” Tentu jawabannya “TIDAK”. Karena Manusia secara alami akan masuk ke kondisi Alpha dan tetha tersebut, minimal 2 kali dalam sehari yaitu disaat Akan akan tidur dan saat bangun dari tidur, dimana rasa ditubuh terasa rileks dan nyaman. Bahkan kondisi ini juga bisa dialami, ketika seseorang bermeditasi, berdoa yang khusyuk, terhanyut dalam cerita sinetron, atau mungkin melamun.

Jadi jelas ya… cara kerja hipnotis dengan penjelasan diatas… dan sekarang Anda jadi lebih tahu tentang hipnotis… hore…!!

(diolah dari berbagai sumber)

About de queenzy

Magician, Hypnotist, Youtubers & Internet Marketer

2 Komentar

  1. mas saya mau tanya nih. jadi kesimpulannya hipnotis itu membuat seseorang merasa nyaman(di bawa ke alam bawah sadar) PERTANYAANNYA gimana cara mengendalikan pikiran seseorang???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *