Home / Branding / Menciptakan BRAND Dirimu Sendiri

Menciptakan BRAND Dirimu Sendiri

Menciptakan Brand, adalah tahap paling dasar untuk bisa menguasai pasar, dan langkah awal dari itu adalah mengenalkan brand ke pasar, mengenalkan brand sendiri membutuhkan proses yang kadang tak mudah, namun jika brand itu sudah dikenal, maka ada banyak kemungkinan pasar akan loyal dengan produk kita, apapun produknya. Pasti pernah lihat disekitar kita, ada produk bagus tetapi penjualan biasa saja, disisi lain ada produk yang kadang gak terlalu bagus cuman karena yang jual adalah artis terkenal, dan produk itu langsung meledak dipasaran. Yups… kira-kira masalahnya adalah di komunikasinya, dan ini dikenal dengan istilah branding.

Dalam branding setidaknya ada 5 tahapan dalam proses branding, yaitu tahap menciptakan brand, tahap memperkenalkan brand, tahap memahamkan keunggulan, tahap pasar menyukai, atau tahap pasar mencintai atau loyal.

Menciptakan Brand yang baik
Menciptakan Brand, tahapan dan strategi. Gambar dari brendabence.com

1. Tahap Menciptakan brand, pada tahap ini yang harus dipikirkan adalah :

  • Produk apa yang akan dipasarkan, produk sendiri harus ada unsur pembeda, apa yang unik dari produk kita sehingga orang harus beli.
  • Merek, merek adalah nama produk yang akan digunakan, carilah nama yang sederhana tapi mudah diingat.
  • Tagline, ini adalah nama kedua dari produk yang akan menguatkan nama merek, misal : RCTI – oke, Sunlight – Bersih Bersinar, dsb
  • Logo, meski ini tidak utama tapi ini perlu, dalam ilmu hypnosis dijelaskan bahwa otak manusia dalam memahami atau mengingat membutuhkan sesuatu yang bisa digambarkan, maka itu perlu ada logo atau icon untuk produk anda, agar konsumen mudah mengingat produk Anda.
  • Kemasan, dipikiran packaging yang bagus untuk produk Anda.

2. Tahap memperkenalkan brand, dalam tahap ini strategi yang bisa dilakukan adalah awareness building, nah ditahap ini iklan mulai dipasang, entah itu melalui media televisi, radio, billboard, flyer dan sebagainya. Tahap inilah yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan kadang pula melalui proses yang lama.

3. Tahap memahamkan keunggulan, nah pada tahap ini strateginya hampir sama dengan awareness building, namun lebih khusus pada tujuan memahamkan pembeli apa kelebihan dibanding produk sejenis, pada tahap ini kadang strateginya dengan cara memberikan produk gratisan, atau produk diskon sekian persen, bisa juga beli satu gratis satu, atau yang lain. Yang tujuannya adalah meningkatkan minat mencoba atau membeli.

4. Tahap pasar menyukai, ini adalah hasil dari suksesnya tahapan sebelumnya, yaitu kualitas produknya sendiri dan tahap memperkenalkan brand dan tahap memahamkan produk atau istilah lainya advertising dan marketing. Sehebat apapun strategi advertising dan marketing, kalau kualitas produk buruk, sama juga bunuh diri. Dan sehebat apapun qualitas produk, tanpa advertising dan marketing adalah juga omong kosong. Artinya semua saling menunjang. Namun disini masih perlu juga dipikirkan untuk membuat konsumen beli lagi, dan lagi, dan lagi. Ini adalah tahapan yang disebut dengan proses pembinaan loyalitas brand.

5.  Tahap pasar mencintai atau loyal, Pada tahap ini, brand sudah bisa dikategorikan sebagai strong brand.

.

Setelah masuk dalam tahap strong brand, pemilik brand juga tidak bisa serta merta jumawa atas besarnya brand yang ada, karena seperti yang kita tahu, banyak juga brand besar yang akhirnya tumbang karena terlalu jumawa, sebut saja Nokia, setiap produk barunya selalu sukses dipasaran, namun setelah teknologi android keluar, Nokia mencoba bertahan dengan symbian nya, dan kabarnya Nokia yang telah diakusisi oleh microsoft akan berganti nama brand. Apa yang bisa diambil pelajaran dari Nokia? nokia selalu berinovasi, namun nokia lupa untuk fleksible dalam mengikuti trend, dan benar saja trend android yang telah melibasnya. Jadi untuk kamu yang ingin menciptakan brand kamu sendiri, silahkan  ikuti tahapan diatas dan tetap berinovasi serta selalu fleksible dalam trend.

oh ya, dalam tahap kedua dan ketiga, alias tahap  advertising dan marketing di jaman sekarang yang serba online ini, semua jadi lebih Mudah dan lebih Murah lho… dan yang pasti bisa sama-sama menghasilkan keuntungan melimpah, untuk teknik branding online insya Alloh akan dibahas artikel selanjutnya, tetap pantengin para jagoan dot com ya….

About de queenzy

Magician, Hypnotist, Youtubers & Internet Marketer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *